Breaking News
Loading...
Sabtu, 14 Maret 2015

Majapahit GemStone, Batu Permata Merah Ruby

13.13
Majapahit GemStone pada artikel kali ini ingin sedikit mengulas Batu Permata jenis Merah Ruby yang dalam pandangan Majapahit GemStone merupakan Batu Permata yang sekali peminatnydi dunia ini. Warna merahnya memang banyak disukai orang terutama kalangan kolektor batu-batu permata.

Bagi sebagian orang atau kalangan berduit, tampil dengan perhiasan mahal adalah hal yang “wajib” dilakukan. Salah satunya adalah dengan memakai cincin, tapi bukan sembarang cincin yakni yang memiliki mata cincin dari jenis batu mulia atau batu permata. Banyak jenis Batu Permata yang digemari di Indonesia, salah satunya adalah Batu Ruby. Ya, Batu Ruby adalah salah satu dari beberapa Batu Permata tingkat atas sehingga batu ini juga banyak dicari oleh para kolektor. Jangan kaget jika harga Batu Ruby ini bisa bikin geleng-geleng kepala. 

Majapahit GemStone

Harga Batu Ruby yang sudah diasah bisa melambung tinggi sampai ratusan juta rupiah. Namun karena kerasnya Batu Ruby, beberapa diantaranya tidak bisa digores dengan logam baja sekalipun. Ingin Memiliki Batu Ruby? Kenali ciri-cirinya berikut ini. Salah satu ciri dari Batu Ruby yang asli adalah tingkat kekerasannya. Batu Permata jenis ini memiliki tingkat kekerasan mencapai 9 skala Mohs.

Batu Ruby terbentuk melalui korundum mineral yakni kristal alumunium oksida yang merupakan mineral dengan tingkat ketahanan paling lama di bumi. Selain Batu Ruby, yang lahir dari korundum ini adalah Batu Safir. Bagi anda yang ingin memiliki Batu Pulia jenis ini, tentu anda harus bisa mengetahui Batu Ruby yang asli dan yang palsu. Pasalnya saat ini banyak terdapat Ruby Sintetis yang harganya tentu saja lebih murah dari pada Batu Ruby yang asli. Untuk itu kami akan berikan cara mengetahui Batu Ruby yang asli dan palsu.

Tes Kekerasan Batu Ruby :

Majapahit GemStone
Test kekerasan Batu Ruby Merah

Ciri-ciri spesifik dari Batu Ruby adalah :

Umum :
Kategori : Mineral, rumus kimia : aluminium oksida dengan kromium (Al2O3::Cr)

Identifikasi :
Warna
: Merah, kadang kecoklatan atau keungungan, Perawakan : bervariasi antar lokasi. Prisma : heksagonal (terminated tabular), Sistem kristal : Heksagonal, Belahan : No true cleavage, Pecahan : Uneven or conchoidal, Skala kekerasan Mohs : 9,0, Kilap : Vitreous, Gores : white, Berat jenis : 4,0, Indeks pembiasan : ~1,762-1,770, Pleokroisme : Orangy Red, Purplish Red, Titik lebur : 2050 °C, Fusibilitas : perfectly, Kelarutan : none

Variasi Utama :
Merah muda safir, disebabkan karena kurangnya kromium dalam kristal sehingga batu tampak merah muda.

Majapahit GemStone

Batu Ruby sering disebut juga dengan Mirah delima, Merah Delima, atau Batu Rubi adalah batu permata yang berwarna merah, dapat bervariasi antara merah muda hingga merah darah dan merupakan salah satu jenis dari mineral korundum (aluminium oksida). Warnanya terutama disebabkan oleh kromium. Namanya berasal dari buah delima yang isinya berwarna merah. Rubi alami sangat jarang, tetapi Rubi buatan dapat difabrikasi dengan cukup murah. Rubi dianggap merupakan salah satu dari empat batu permata berharga bersama dengan Safir, Zamrud, dan Intan.

Harga batu Rubi terutama ditentukan oleh warna. Warna merah paling berkilau dan paling bernilai dapat berharga sangat tinggi melampaui Rubi lain dengan mutu yang sama. Setelah warna, berikutnya adalah kejernihan, batu yang jernih menandakan harga yang tinggi.

Perhatikan ciri-ciri batu ruby asli berikut ini:
  1. Secara fisik, Batu Ruby asli mempunyai serat yang terdapat didalam batu. Serat tersebut memang membuat tampilan tidak mengkilap atau tidak jernih. Namun kini telah hadir sebuah teknologi yang mampu menghilangkan serat tersebut. Di pasaran, Batu Ruby biasanya dijual masih dalam bentuk natural, artinya masih memiliki serat didalamnya.
  2. Batu Ruby sebenarnya memiliki banyak pilihan warna, akan tetapi yang lebih kerap ditemui adalah yang memiliki warna merah. Selain warna merah ada juga warna merah muda, orange, ungu dan violet. Ya karena kebanyakan Batu Ruby berwarna merah, sehingga kadang-kadang orang menyebutnya dengan Batu Merah Delima.
  3. Jika Batu Ruby ini disinari, maka sinarnya akan diteruskan melewati fisiknya. Cahaya tersebut akan memantulkan bentuk six point star atau three ray akibat dari serat didalamnya.
  4. Nah jika ingin mengetahui Batu Ruby asli atau palsu secara lebih detail, bisa menggunakan alat bernama Diamond Selector II atau Presidium Gem Tester.
Demikianlah uraian singkat kami, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung blog yang baik tentu akan meninggalkan komentar yang beretika, silahkan tinggalkan komentar anda .........., No Porno, No SARA, No Spam.
Jangan promosi produk pada komentar anda, karena saya berkeinginan blog ini bersih dari iklan atau advertising.

 
Toggle Footer