Breaking News
Loading...
Senin, 01 Desember 2014

Majapahit GemStone, Beberapa kesalahan Blogger Pemula

16.24
Majapahit GemStoneMajapahit GemStone kali ini akan sedikit mengupas tentang beberapa kesalahan blogger pemula saat memulai untuk membuat sebuah blog. Beberapa kesalahan blogger-blogger pemula versi Majapahit GemStone ini lebih menitik beratkan kepada tidak adanya tujuan spesifik dalam pembuatan serta pengelolaan sebuah blog, yang pada akhirnya akan berakibat tidak adanya thema (khusus) dalam sebuah blog, sehingga pembuatan sebuah blog tersebut terkesan asal-asalan serta asal jadi saja.

Berikut ini setidaknya terdapat 5 (lima) kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula  :

1. Memulai Blog dengan tanpa memikirkan thema blog
Thema sebuah blog sangat penting dalam praktek di dunia blogging, thema blog berfungsi sebagai identitas blog kita nantinya apakah postingannya mengenai topik ini atau topik itu. Tanpa thema ibaratkan saja sebuah acara tanpa tujuan. Jadi sebelum memulai kegiatan blogging, kita harus memikirkan terlebih dahulu thema apa yang akan kita usung, thema apa yang mampu kita postingkan ke dalam sebuah blog  agar  blog tersebut mempunyai tujuan yang pasti. Thema blog ini biasanya dituangkan ke dalam deskripsi sebuah blog dan dipasangkan dalam bentuk Meta Description pada template blog. Penetapan thema blog ini hendaknya sejalan dengan penetapan judul blog yang tertuang dalam bentuk Title Blog.

2. Terlalu banyak Copy Paste artikel-artikel dari blog lain
Ada kalanya memang kita malas untuk melakukan posting dan kepala seakan kosong dari ide untuk memulai posting (menulis artikel), sehingga jalan keluarnya adalah copy paste artikel dari blog lain. Meskipun anda sudah menghargai pemiliknya dengan mencatumkan sumber artikel yang asli, namun tetap saja kualitas artikel anda akan menjadi berkurang. Karena kebanyakan copy paste, pengunjung pun akan merasa jenuh dengan postingan anda. Cobalah untuk membuat artikel karya sendiri atau setidaknya hasil copy paste yang direka ulang (restruktur) lebih dari 70%, sehingga akan sangat berbeda dengan artikel aslinya. Dengan berlakunya algoritma Google T-Rex, modus copy paste artikel blog ini akan terkena serangannya, artinya web/blog-blog yang banyak membuat artikel-artikel hasil copy paste pasti akan hilang dari hasil SERP.

3. Terlalu banyak jumlah postingan dalam satu hari
Kadang kala seorang blogger pemula memposting hingga 10 postingan per-harinya. Ini sangat tidak bagus terutama untuk pengunjung (visitor) dan Google-bot. Google-bot sangat tidak suka dengan postingan yang berlebihan seperti ini. Pengunjung pun malas membacanya, sehingga ia akan malas untuk berkomentar di blog anda karena saking banyaknya artikel tiap harinya. Saran saya cukup 2 posting dalam 1 hari saja. Minimal 2 posting dalam 1 minggu saja sudah cukup, hal ini akan berdampak baik pada Google search engine.

4. Terlalu terobsesi dengan Widget Blog
Banyak blogger pemula yang memulai kegiatan blogging dengan memasang widget-widget yang tidak penting dan tidak berguna di dalam blognya. Menurutnya itu akan memperbagus disain blognya, namun ia sendiri tidak memikirkan berat loading blognya (baca: Optimasi Blog) sehingga pengunjung pun malas berkunjung karena lambatnya (terlalu lama) dalam mengakses keseluruhan isi blog tersebut.

5. Terlalu berambisi
Beberapa blogger pemula atau mungkin kebanyakan, terkadang berharap agar bisa segera mencapai ketenaran di dunia blogging dalam sekejap (dalam waktu yang relatif singkat). Jelas saja hal tersebut adalah sesuatu yang mustahil, dalam dunia blogging/blogger, ketenaran tidak dapat diperoleh hanya dalam satu hari. Kalau Anda menginginkan ketenaran itu, lakukan saja dengan sabar. Tentukan target yang realistis dan masuk akal. Jangan egois. Lakukan blogwalking dan tinggalkan komentar yang cukup bermutu di blog lain. Balas dengan baik email atau komentar yang masuk ke blog Anda. Toh, kota Roma juga tidak dibangun dalam sehari semalam, bukan ? Kalau toh ada hal itu merupakan legenda pembangunan Candi Sewu.

Demikianlah uraian singkat ini, semoga bermanfaat buat blogger-blogger pemula.

1 komentar:

Pengunjung blog yang baik tentu akan meninggalkan komentar yang beretika, silahkan tinggalkan komentar anda .........., No Porno, No SARA, No Spam.
Jangan promosi produk pada komentar anda, karena saya berkeinginan blog ini bersih dari iklan atau advertising.

 
Toggle Footer