Breaking News
Loading...
Rabu, 01 Januari 2014

Tingkat kekerasan mineral dalam Skala Mohs

17.53
Skala kekerasan mineral Mohs mengklasifikasikan resistensi goresan terhadap berbagai mineral melalui kemampuan suatu bahan keras menggores bahan lain yang lebih lunak. Skala ini diciptakan pada tahun 1812 oleh geolog dan mineralog Jerman, Friedrich Mohs dan merupakan satu dari beberapa definisi kekerasan dalam teknik material. Metode perbandingan kekerasan dengan melihat mineral mana yang mampu menggores mineral lain sudah lama ada, pertama kali disebutkan oleh Theophrastus dalam tulisannya "Tentang Batuan" pada sekitar tahun 200 SM, kemudian diikuti Plinius yang Tua dalam "Naturalis Historia" sekitar tahun 77 M.

Skala kekerasan mineral Mohs didasarkan pada kemampuan satu sampel materi alami untuk menggores materi yang lain. Sampel materi yang digunakan Mohs adalah semua mineral. Mineral adalah zat murni yang ditemukan atau berada di alam sekitar. Semua batuan terbuat dari satu atau beberapa bahan mineral. Sebagai zat alami terkeras yang pernah ada ketika skala ini dibuat adalah Intan dan ditempatkan di puncak skala. Kekerasan bahan diukur terhadap skala ini dengan menemukan bahan terkeras yang dapat menggores suatu bahan lunak atau sebaliknya. Misalnya, jika beberapa bahan mampu digores oleh Apatit, namun tidak dengan Fluorit, maka kekerasannya pada skala Mohs dapat menempati nilai 4 dan 5.

Skala Mohs adalah skala ordinal murni, misalnya, Korundum (9) dua kali lebih keras daripada Topaz (8), namun Intan (10) hampir empat kali lebih keras daripada Korundum. Tabel di bawah ini memperlihatkan perbandingan dengan kekerasan absolut yang diukur dengan menggunakan sklerometer berikut contoh gambarnya.

Majapahit GemStone

Pada skala Mohs, grafit (bagian utama dari "ujung" pensil) memiliki tingkat kekerasan 1,5; kuku 2,2–2,5; koin tembaga 3,2–3,5; pisau saku 5,1; badan pisau 5,5; kaca jendela 5,5; dan file 6,5.[9] Sebuah pelat garis (porselen non-kaca) memiliki tingkat kekerasan 7,0. Penggunaan bahan-bahan biasa dengan kekerasan yang sudah diketahui dapat menjadi cara sederhana untuk memperkirakan posisi suatu mineral pada skala ini.

Daftar Mineral dan Tingkat Kekerasannya pada skala Mohs.
Tabel di bawah ini berisi tentang daftar mineral alami berikut tingkat kekerasannya dalam skala Mohs.

Majapahit GemStone
 

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Skala_Mohs

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung blog yang baik tentu akan meninggalkan komentar yang beretika, silahkan tinggalkan komentar anda .........., No Porno, No SARA, No Spam.
Jangan promosi produk pada komentar anda, karena saya berkeinginan blog ini bersih dari iklan atau advertising.

 
Toggle Footer