Breaking News
Loading...
Rabu, 22 April 2015

Mengganti Template Majalah Blog agar tampil beda

Majalah Blog, kali ini akan menuliskan pengalaman mengganti template Majalah Blog agar tampil beda demi untuk menunjukkan eksistensi di dunia blogger. Sebenarnya aku patut pula berterima kasih kepada pihak Google dengan algoritma barunya MobileGeddon. Dengan berlakunya algoritma tersebut, maka memaksa aku untuk mengganti template blog yang lama dengan yang lebih responsive. Padahal ini bukan seorang pembuat template blog, namun hanyalah seorang blogger biasa yang masih harus banyak belajar.

Majalah Blog, Responsive Template

Moment berlakunya algoritma MobileGeddon tersebut sekaligus aku manfaatkan untuk merefresh kembali penampilan blog aku yang telah hampir dua tahun aku tinggalkan tanpa update apapun. Hal ini jelas terlihat dari peringkat Alexarank yang ada, terlebih lagi berkaitan dengan jumlah postingan yang belum mencapai angka 50 postingan. Jadi moment MobileGeddon ini seakan menggugah semangat aku untuk kembali muncul di arena percaturan para blogger Indonesia.

Hal pertama dan paling utama yang aku perhatikan dalam pergantian template ini adalah kombinasi script Meta Tag, agar meskipun harus ganti template hal ini tidak menyebabkan menurunnya peringkat pada hasil pencarian Google. Oleh karenanya, dalam hal ini aku tetap mempertahankan pemakai kombinasi script Meta Tag yang lama dan disesuaikan dengan kombinasi bawaan responsive template yang aku pergunakan ini.

Langkah berikutnya adalah menata ulang tombol-tombol navigasi blog dan penempatan widget-widget blog agar lebih sedap dipandang mata dan tidak terkesan amburadul. Widget-widget lama yang aku rasa kurang mendukung keberadaan blog, aku buang atau aku hapus saja ex: Feedjit Widget dan lain-lain. Aku ingin sekali blog aku ini nantinya dapat tampil prima dengna kecepatan loading yang maksimal dengan tanpa diberatkan oleh berbagai macam widget maupun iklan atau advertising.

Tahapan selanjutnya adalah memperbaiki widget Popular Post agar lebih SEO Friendly, dan tidak menyebabkan terjadinya error saat menggunakan SEO Analizer dari Bing Webmastertool. Kebanyakan template yang beredar di internet (apalagi yang free version) tidak banyak memperhatikan hal ini. Thumbnail yang muncul pada widget Popular Post ini rawan menjadi penyebab error, sehingga akan menurunkan kualitas SEO blog yang mempergunakan widget ini, terutama dipasang pada halaman homepage seperti aku ini.

Demikianlah ulasan penulis tentang mengganti Template Majalah Blog dengan Responsive Template semata-mata untuk mengikuti perkembangan dunia blogging dewasa ini, sekaligus mengakomodir berlakunya algoritma Google MobileGeddon.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung blog yang baik tentu akan meninggalkan komentar yang beretika, silahkan tinggalkan komentar anda .........., No Porno, No SARA, No Spam.
Jangan promosi produk pada komentar anda, karena saya berkeinginan blog ini bersih dari iklan atau advertising.

 
Toggle Footer