Breaking News
Loading...
Minggu, 08 Maret 2015

Majapahit GemStone, sekilas pintas tentang Batu Jasper

10.45
Batu Jasper, adalah salah satu varian dari jenis Chalcedony, memiliki tingkat kekerasan antara 6-7 skala Mohs. Ciri umum Batu Jasper adalah tidak tembus cahaya (opaque) dan terdiri dari beberapa jenis antara lain Jasper Pancawarna, Jasper Batu-darah dan Jasper Motif berwarna (kebiruan, coklat, kehitaman dan abu abu). Di Indonesia, banyak varian dari Batu Jasper init seperti Bloodstone dan Brown Jasper. Brown Jasper ini di Wajo, Sulawesi Selatan disebut dengan Peroso Ogi atau Pyrus Bugis karena penampilannya yang mirip dengan Batu Pyrus (torquoise).
Majapahit GemStone

Batu Jasper merupakan jenis batuan mineral serta sedimen lava vulkanik yang proses pembentukannya secara kimiawi erat kaitannya dengan proses pemanasan yang dapat berasal dari proses magmatik atau intrusi. Sifat kimiawi Batu Jasper dapat dipengaruhi oleh komposisi kimia batuan sebelumnya yang saling mengikat serta unsur-unsur kimia saat terbentuknya Batuan Jasper.

Batu Jasper merupakan salah satu varian kalsedon, tergolong kedalam siliceous sedimentary stone (batuan sedimen dengan komposisi utama SiO2), kekerasannya berkisar antara 6,5-7 pada skala mohs, berat jenis 2,88-2,89, indeks bias 1,54, struktur kristal mikron dalam sistem trigonal. Bedanya Batu Jasper dengan kalsedon adalah : Batu Jasper tidak tembus cahaya (opaque) sedangkan Kalsedon tembus cahaya (transparan) atau biasanya juga membiaskan cahaya seperti batuan anggur (translucent).

Batu Jasper memiliki banyak sekali variasi warna, motif atau kombinasi seperti adanya komposisi kalsedon, hal ini karena kesamaan sifat kimiawi dan lingkungan yang membentuknya.

Berikut beberapa tekstur/motif serta keindahan yang sering ditemukan pada Batu Jasper :

Majapahit GemStone
Majapahit GemStone


Batu Jasper banyak ditemukan di seluruh wilyah Nusantara namun ada di wilayah Jawa Barat yang disebut kerajaan Jasper yaitu di daerah Karangnunggal Tasikmalaya-Jawa Barat mengingat di daerah ini pernah ditemukan batu jasper seberat lebih dari 200 ton. Batu Jasper masuk juga dalam kelompok Kristal Quartz (Kuarsa), disebutkan bahwa batuan yang masuk kategori Kristal Quartz (Kuarsa), antara lain : Kristal Agate (akik), Kristal Amethyst (kecubung), Kristal Chalcedony, Onyx (batu krisopras) dan Permata Jasper.

Dengan melihat tekstur/motif tersebut serta warna dan sifat lainnya, maka Batu Jasper dapat digolongkan kedalam beberapa nama (umum di dunia perdagangan batu akik/agate) seperti :

Batu Jasper/Watu Geni/Nogo Sui/Heliotrope/Bloodstone/Le Sang Du Christ (Batu Darah Kristus)/ Pancawati.

Majapahit GemStone
Bongkahan Batu Jasper yang terdapat di Tasikmalaya

Karakteristik dari Batu Jasper ini memiliki warna dominan hijau atau kebiruan dengan motif berlapis, bintik-bintik berwarna merah atau sedikit kombinasi dengan kuning atau agak coklat bahkan putih. Batu Jasper ini banyak ditemukan di daerah aliran sungai (DAS) Klawing Purbalingga – Jawa Tengah.

Beberapa istilah untuk Batu Jasper :

Batu Jasper Pancawarna : Jasper dengan berbagai warna (minimal 5 warna dalam satu batu), dapat bersifat opaque (tidak tembus), dapat juga bersifat translucent (membiaskan cahaya/ kalsedoni), namun pada umumnya pancawarna ini bersifat opaque yang memiliki tekstur/motif yang sangat bervariasi dengan berbagai warna dan corak gambar (artistik).

Batu Jasper ini banyak ditemukan di daerah Garut, Tasikmalaya, Sukabumi, Cianjur Selatan-Jawa Barat dan di daerah Lebak, Ujungkulon-Banten.

Jasper/Kulitan/Dawuk : Batu Jasper berwarna, coklat, abu-abu, kehitaman, atau kebiruan dengan motif yang masif atau berlapis yang biasanya bersifat opaque.

Batu Jasper dengan teknik gosok/ poles yang cukup baik maka dapat ditemukan bentukan/corak yang dapat menyerupai suatu gambar-gambar yang artistik. Batu Jasper ini banyak ditemukan di seluruh wilayah Nusantara termasuk Kepulauan Bacan-Maluku Utara.

Batu Jasper Kalsedoni/ Kaledon/ Anggur (Calsedony) : Batu Jasper dengan sifat kalsedoni, dapat terdiri dari 2 warna atau lebih, ada bagian jasper yang dapat ditembus/membiaskan cahaya. Batu Jasper ini banyak ditemukan di daerah-daerah Kepulaan Sumatra.

Nama dagang Batu Jasper :

Jasper Merah (red jasper) masif atau tekstur/ motif Karangnunggal, Jasper Hijau (green jasper) masif atau tekstur/motif, Pancawarna Edong (cukup fantastis harganya saat ini dan paling banyak diminati), Pancawarna Bungbulang dengan berbagai corak dan warna serta kalsendon Pancawarna Purbalingga/ Klawing (le sung du christ/ batu darah kristus), Nogosui (bloodstone), Jasper putih, tulang, coklat, hitam, dan lain-lain, Jasper tekstur pyrus (telur remuk, urat emas, dll), Jasper fosil Jasper tumbuhan hidup (moss agate) dan lain sebagainya.

Batu Jasper ini sering kali disisihkan oleh para penggemar batu permata/akik terlebih para penggemar pemula mengingat imagenya langsung ke jenis batuan yang lagi rame (boming) serta yang memiliki sifat tembus pandang (transparan) atau membiaskan cahaya/kalsedon (translucent). Padahal Batu Jasper memiliki keindahan (artisitik) tersendiri bahkan bagi penggemar batu gambar dan suiseki (poles alam). 

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung blog yang baik tentu akan meninggalkan komentar yang beretika, silahkan tinggalkan komentar anda .........., No Porno, No SARA, No Spam.
Jangan promosi produk pada komentar anda, karena saya berkeinginan blog ini bersih dari iklan atau advertising.

 
Toggle Footer